Selasa, 24 Desember 2019

Artikel Penyuntingan teks ( Teman)

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Mahasiswa Asing pada Pembelajaran BIPA Melalui Media Teks Cerpen Majalah BOBO

Nindya Putri An’nisa
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
annisanindyaputri5@gmail.com
1701040026
5 A PBSI

Abstrak
Secara ringkas, peneliti akan membahas tentang upaya peningkatan minat baca mahasiswa asing terhadap pembelajaran BIPA melalui media teks cerpen majalah BOBO. Hal ini dikarenakan mahasiswa asing masih banyak yang tidak minat membaca, oleh karena itu mahasiswa asing harus meningkatkan minat baca melalui majalah BOBO, sebab majalah BOBO itu menarik dan di sukai banyak kalangan anak-anak maupun remaja. Upaya peningkatan kemampuan membaca mahasiswa asing harus menguasai bahasa indonesia. Pengajar BIPA juga harus handal dalam menguasai semua materi yang akan di ajarkan kepada mahasiswa asing tersebut.
Kata kunci: peningkatan kemampuan membaca mahasiswa asing

PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) adalah sebuah pogram pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua bagi penutur asing. Pada pembelajaran BIPA, terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut saling terkait satu dengan yang lainnya. Dalam pembelajaran BIPA, peserta didik dituntut untuk menguasai semua keterampilan berbahasa. Pembelajaran BIPA tidak seperti pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asli sebagai bahasa pertama. Peserta didik dituntut untuk menguasai bahasa indonesia dalam waktu yang di tentukan. Oleh karena itu, pengajar bertugas menyediakan aktivitas dan menciptakan suasana menyenangkan selama proses pembelajaran BIPA.
Tujuan Penelitian
Agar mahasiswa asing dapat meningkatkan kemampuan membaca melalui media teks cerpen majalah BOBO.

Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah penerapan media teks cerpen majalah BOBO.

Pembahasan
Media pembelajaran disajikan berbasis buku sehingga di harapkan dapat mewujudkan kemudahan pembelajaran BIPA kapan saja dan dimana saja. Selama ini terdapat kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan sumber belajar yang tidak sebanding. Pembelajaran BIPA terus meningkat seiring menguatnya peran indonesia dan bahasa indonesia di kancah lebih luas.
Peneliti memilih majalah BOBO media pembelajaran BIPA karena merupakan media yang menarik dan menyenangkan menjadi media edukatif selama pembelajaran berlangsung. Meskipun masyarakat masih beranggapan bahwa majalah BOBO ceritanya bergambar yang ringan dan menyenangkan. Banyak orang yang belum tau definisi tentang majalah BOBO.
Berdasarkan beberapa definisi tentang majalah BOBO tersebut, penelitian menyimpulkan bahwa majalah BOBO adalah salah satu karya sastra bernilai estetis yang terdiri atas perpaduan antara gambar dan kata yang membentuk sebuah cerita.
Selain itu, majalah BOBO bertujuan untuk memberikan informasi dan hiburan kepada pembaca. Daya tarik berbagai jenis majalah BOBO mengikuti pola yang dapat diprediksikan.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarkan artikel upaya peningkatan kemampuan membaca mahasiswa asing pada pembelajaran BIPA melalui media teks cerpen majalah BOBO tersebut masih banyak mahasiswa asing yang belum meningkatkan kemampuan membaca. Oleh sebab itu mahasiswa asing harus berusaha meningkatakan kemampuan dalam membaca cerpen majalah BOBO.
Saran
Menyadari bahwa penulis jauh dari kata sempurna dalam menyusun artikel, kedepannya akan lebih fokus dalam menyusun artikel diatas dengan sumber yang lebih banyak lagi. Dan semoga mahasiswa asing lebih berminat dalam membaca cerpen majalah BOBO.

REFERENSI
https://ejurnal.upi.edu>index.php>RBSPs>article>download>pdf_1
https://journal.unnes.ac.id>sju>index.php>jpbsi>article>download 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar lah dgn cerdas